Visi Misi


1. Sekilas Sejarah Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya berdiri pada tanggal 29 Oktober 1960 berdasarkan Peraturan Pemerintah No.42 Tahun 1960 (Lembaran Negara Tahun 1960 No 135). Peresmian pendirian Universitas Sriwijaya dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 3 November 1960 dan diperingati sebagai hari lahir Universitas Sriwijaya. Presiden Universitas yang pertama adalah Drg. M.Isa dan lokasi kampus Universitas Sriwijaya pada waktu berdirinya berada di Bukit Besar Palembang yang digunakan sejak berdiri tahun 1960.

Pada saat ini Universitas Sriwijaya memiliki kampus di dua lokasi yaitu di Bukit Besar Palembang dan di Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir yang berjarak 32 km dari kota Palembang. Pembangunan kampus Inderalaya dimulai pada tahun 1989 dan selesai pada tahun1993 serta mulai digunakan pada tanggal 1 September 1993, yang ditandai dengan kuliah perdana oleh Gubernur Sumatra Selatan H. Ramli Hasan Basri. Peresmian Kampus Inderalaya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto.

2. Visi dan Misi

Visi:
Universitas Sriwijaya merupakan perguruan tinggi terkemuka dan berbasis riset yang unggul dalam berbagai cabang ilmu, teknologi, dan seni pada tahun 2025.

Misi:

  1. Untuk mencapai Visi di atas, Misi Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:
  2. menghasilkan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak mulia, berbudaya, bersemangat ilmiah, dan menguasai serta mampu mempergunakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  3. menyelenggarakan, mengembangkan, dan membina pendidikan tinggi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;
  4. menyelenggarakan, mengembangkan dan membina penelitian dalam rangka menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, produk yang memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;
  5. menyelenggarakan, mengembangkan, dan membina pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni sebagai upaya memberikan sumbangsih demi kemajuan masyarakat; dan
  6. menyelenggarakan administrasi pendidikan tinggi yang modern, efektif, dan efisien.

Tujuan Universitas Sriwijaya adalah:

  1. menghasilkan lulusan yang berakhlaq mulia, berkualitas dan mandiri;
  2. menghasilkan pengetahuan empiris, teoritis, dan konseptual, dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni;
  3. menghasilkan teknologi unggul dan tepat guna;
  4. menghasilkan kajian dan karya seni;
  5. meningkatkan peran sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, komunikasi, olahraga dan seni;
  6. meningkatkan peran aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat; dan
  7. meningkatkan kinerja dan tanggung jawab, secara efektif dan efisien, terpadu, relevan dan berkelanjutan.

3. Kampus


Universitas Sriwijaya memiliki dua kampus utama, yaitu di Bukit Besar, Palembang dan di Inderalaya, Ogan Ilir. Kampus Bukit Besar seluas 32,5 hektar, dimanfaatkan untuk kegiatan akademik Program Diploma, Program Ekstension dan Program Pascasarjana. Kampus utama di Inderalaya, dengan luas 712 hektar, terletak 32 kilometer ke arah selatan Palembang, merupakan pusat kegiatan untuk Program Sarjana.
Kampus Inderalaya telah dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti Perpustakaan Pusat, Kantor Pusat Administrasi Universitas dan Fakultas, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Laboratorium Dasar Bersama, Pusat Kegiatan Kemahasiswaan, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, Stasiun Pemadam Kebakaran dan Tempat Ibadah (Mesjid dan Musholla) serta Asrama Mahasiswa. Tiap Fakultas menggunakan gedung kuliah masing-masing untuk melaksanakan kegiatan akademik.

4. Program Pendidikan

Universitas Sriwijaya pada waktu berdiri, memiliki 3 Fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik. Seiring perkembangan pendidikan di Universitas Sriwijaya serta meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi, saat ini Universitas Sriwijaya telah berkembang dengan bertambahnya Fakultas menjadi 10 Fakultas dengan 10 Program Studi Diploma (D1 dan D3), 47 Program Studi Sarjana (S1), 9 Program Studi Dokter Spesialis 1, 15 Program Studi Pascasarjana (S2), dan 3 Program Studi Doktor (S3). Pada saat ini Universitas Sriwijaya memiliki mahasiswa lebih dari 23.000 orang yang terdiri dari semua program studi dan jenjang pendidikan.

Fakultas di Lingkungan Unsri
A. Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi didirikan pada tanggal 31 Oktober 1953 yang pada awalnya bernaung di bawah Perguruan Tinggi Syakhyakirti, merupakan Fakultas tertua di Universitas Sriwijaya. Sejak tanggal 17 September 1960, Fakultas Ekonomi secara resmi diserahkan oleh Yayasan Syakhyakirti ke Universitas Sriwijaya.

Program pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya pada saat ini meliputi:
1. Program Studi Manajemen S1
2. Program Studi Ekonomi Pembangunan S1
3. Program Studi Akuntansi S1
4. Program Studi Kesekretariatan D3
5. Program Studi Akuntansi D3

Di samping mengelola program pendidikan reguler (kelas pagi), Fakultas Ekonomi juga mengelola program pendidikan ekstension (kelas sore) untuk Program Studi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi dan Pendidikan Profesi Akuntansi.

B. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum didirikan pada tanggal 31 Oktober 1957 yang pada awalnya masih bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tinggi syakhyakirti. Pada tanggal 17 September 1960 Fakultas Hukum secara resmi diserahkan oleh yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti kepada Universitas Sriwijaya.

Sampai dengan saat ini Fakultas Hukum mengelola satu Program Pendidikan yaitu: Program Studi Ilmu Hukum S1

Disamping mengelola program pendidikan reguler (kelas pagi), Fakultas Hukum juga mengelola program pendidikan kelas sore.

C. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik didirikan pada tanggal 1 Oktober 1960 dan merupakan Fakultas eksakta pertama di Universitas Sriwijaya dan merupakan Fakultas pertama dikelola langsung oleh Universitas Sriwijaya.

Program pendidikan yang diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya meliputi:
1. Program Studi Teknik Sipil S1
2. Program Studi Teknik Pertambangan S1
3. Program Studi Teknik Kimia S1
4. Program Studi Teknik Elektro S1
5. Program Studi Teknik Mesin S1
6. Program Studi Arsitektur S1

Di samping mengelola program pendidikan reguler (kelas pagi), Fakultas Teknik juga mengelola program pendidikan ekstension (kelas sore) untuk Program Studi Teknik Sipil, Pertambangan, Kimia, Elektro, Mesin dan Arsitektur.

D. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya secara resmi berdiri pada tanggal 4 September 1962 dan upacara peresmiannya dilakukan pada tanggal 1 Oktober 1962, yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari berdirinya. Fakultas Kedokteran secara resmi dipercaya untuk menyelenggarakan program pendidikan Dokter Spesialis pada tanggal 4 Desember 1980.

Program pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran sampai dengan saat ini meliputi:
1. Program Studi Pendidikan Dokter S1
2. Program Studi Ilmu Keperawatan S1
3. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat S1
4. Program Studi Kedokteran Gigi S1
5. Program Studi Ilmu Kesehatan Anak Spesialis I
7. Program Studi Ilmu Bedah Spesialis I
8. Program Studi Ilmu Penyakit Mata Spesialis I
9. Program Studi Ilmu Penyakit Dalam Spesialis I
10. Program Studi Ilmu Kebidanan Spesialis I
11. Program Studi Ilmu Penyakit Syaraf Spesialis I
12. Program Studi Ilmu Patologi Anatomi Spesialis I
13. Program Studi Ilmu Peny. Kulit dan Kelamin Spesialis I
14. Program Studi Ilmu Penyakit THT Spesialis I

E. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya didirikan pada tanggal 26 September 1963 melalui suatu upacara peresmian oleh Menteri PTIP Prof. Dr. Tojib Hadiwidjaya. Sebelum tahun 1972, sebagian kegiatan akademik dilakukan di IPB Bogor, dan penyelesaian studi tingkat sarjana diselenggarakan di IPB (1968-1976) dan UGM (1971-1975) dalam suatu program afiliasi antara Unsri – IPB dan Unsri – UGM. Mulai tahun 1973 seluruh kegiatan akademik dilaksanakan di Unsri Palembang dan pada saat ini seluruh kegiatan akademik (S1) dilaksanakan di kampus Inderalaya.

Program pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian sampai dengan saat ini meliputi:
1. Program Studi Agribisnis S1
2. Program Studi Teknik Pertanian S1
3. Program Studi Teknologi Hasil Pertanian S1
4. Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak S1
5. Program Studi Budidaya Perairan S1
6. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan S1
7. Program Studi Agroekoteknologi S1

F. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsri secara resmi berdiri pada tanggal 1 Januari 1969 melalui SK Dirjen Dikti yang sebelumnya merupakan IKIP Bandung Cabang Palembang. Pada waktu berintegrasi dengan Unsri terbentuk dua Fakultas yakni Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Pada tahun 1983 kedua Fakultas tersebut bergabung menjadi FKIP Unsri

Program pendidikan yang dilaksanakan FKIP sampai saat ini terdiri dari:
1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S1
2. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia S1
3. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan S1
4. Program Studi Pendidikan Sejarah S1
5. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi S1
6. Program Studi Pendidikan Matematika S1
7. Program Studi Pendidikan Biologi S1
8. Program Studi Pendidikan Kimia S1
9. Program Studi Pendidikan Físika S1
10. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin S1
11. Program Studi Bimbingan dan Konseling S1
12. Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan S1
13. Program Studi PGSD S1

Selain program pendidikan S1 reguler, FKIP juga menyelenggarakan program pendidikan diploma, Program Ekstensi dan Program Akta Mengajar, yakni:

  1. PGSD D2
  2. PGTK D2
  3. Program Ekstension untuk program studi S1
  4. Akta Mengajar

G. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Fakultas MIPA pada awal berdirinya bernaung di bawah Fakultas Teknik dengan nama program studi MIPA (PS-MIPA) yang berdiri pada tanggal 6 Maret 1989. Tanggal 22 Oktober 1993, PS-MIPA berubah status menjadi Fakultas MIPA.

Program pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas MIPA sampai dengan saat ini adalah:
1. Program Studi Matematika S1
2. Program Studi Fisika S1
3. Program Studi Kimia S1
4. Program Studi Biologi S1
5. Program Studi Ilmu Kelautan S1

H. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diresmikan pada tanggal 9 Maret 2000. Sebelum menjadi sebuah Fakultas, merupakan program studi Ilmu Administrasi Negara yang bernaung di bawah Fakultas Hukum. Program Studi ini merupakan cikal bakal berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Saat ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki dua program pendidikan, yakni:
1. Program Studi Ilmu Administrasi Negara S1
2. Program Studi Sosiologi S1

Di samping mengelola program pendidikan reguler (kelas pagi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga mengelola program pendidikan ekstension (kelas sore) untuk Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Sosiologi.

I. Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer merupakan Fakultas termuda di Universitas Sriwijaya, mulai menyelenggarakan Program Diploma sejak tahun 2003 dan Program Sarjana sejak tahun 2005. Fakultas ini diresmikan pada tanggal 1 Desember 2006.

Fakultas Ilmu Komputer memiliki beberapa program studi, yaitu:
1. Program Studi Teknik Informatika S1
2. Program Studi Sistem Komputer S1
3. Program Studi Sistem Informasi S1
4. Program Studi Teknik Komputer D3
5. Program Studi Manajemen Informatika D3
6. Program Studi Komputerisasi Akuntansi D3

J. Program Pascasarjana

Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya resmi berdiri pada tanggal 10 Nopember 1995. Selain menyenggarakan Program Magister (S2), sejak tahun akademik 2000/2001 Program Pascasarjana juga menyelenggarakan Program Doktor (S3). Program pendidikan yang dilaksanakan di Program Pascasarjana, meliputi:
1. Program Studi Magister Manajemen S2
2. Program Studi Ilmu Ekonomi S2
3. Program Studi Ilmu Hukum S2
4. Program Studi Teknik Kimia S2
5. Program Studi Teknik Sipil S2
6. Program Studi Biomedik Kesehatan S2
7. Program Studi Ilmu Tanaman S2
8. Program Studi Agrabisnis S2
9. Program Studi Pendidikan Bahasa S2
10. Program Studi Ilmu Lingkungan S2
11. Program Studi Magister Administrasi Publik S2
12. Program Studi Pendidikan Matematika S2
13. Program Studi Teknologi Pendidikan S2
14. Program Studi Kenotariatan S2
15. Program Studi Kependudukan S2
16. Program Studi Ilmu Pertanian S3
17. Program Studi Ilmu Lingkungan S3
18. Program Studi Ilmu Hukum S3

6. Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2009/2010

Pada tahun akademik 2009/2010 Universitas Sriwijaya merencanakan untuk menerima sekitar 6.500 orang mahasiswa baru untuk semua program studi di Universitas Sriwijaya serta untuk semua jenjang pendidikan (D3, S1, S2 dan S3), melalui berbagai jalur penerimaan seperti PMP, PBKD, SNMPTN dan USM. Selain itu, mulai tahun ajaran 2009/2010 UNSRI akan menyelenggarakan pola penerimaan mahasiswa melalui mekanisme Full Flag Scholarship yang dibiayai melalui Program I-MHERE Dikti.

terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;
c. menyelenggarakan, mengembangkan dan membina penelitian dalam rangka menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, produk yang memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni;
d. menyelenggarakan, mengembangkan, dan membina pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni sebagai upaya memberikan sumbangsih demi kemajuan masyarakat; dan
e. menyelenggarakan administrasi pendidikan tinggi yang mo-
dern, efektif, dan efisien.
 

3. Kampus
Universitas Sriwijaya memiliki dua kampus utama, yaitu di Bukit Besar, Palembang dan di Inderalaya, Ogan Ilir. Kampus Bukit Besar seluas 32,5 hektar, dimanfaatkan untuk kegiatan akademik Program Diploma, Program Ekstension dan Program Pascasarjana. Kampus utama di Inderalaya, dengan luas 712 hektar, terletak 32 kilometer ke arah selatan Palembang, merupakan pusat kegiatan untuk Program Sarjana.
Kampus Inderalaya telah dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti Perpustakaan Pusat, Kantor Pusat Administrasi Universitas dan Fakultas, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Laboratorium Dasar Bersama, Pusat Kegiatan Kemahasiswaan, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, Stasiun Pemadam Kebakaran dan Tempat Ibadah (Mesjid dan Musholla) serta Asrama Mahasiswa. Tiap Fakultas menggunakan gedung kuliah masing-masing untuk melaksanakan kegiatan akademik.


4. Program Pendidikan
Universitas Sriwijaya pada waktu berdiri, memiliki 3 Fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik. Seiring perkembangan pendidikan di Universitas Sriwijaya serta meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi, saat ini Universitas Sriwijaya telah berkembang dengan bertambahnya Fakultas menjadi 10 Fakultas dengan 10 Program Studi Diploma (D1 dan D3), 47 Program Studi Sarjana (S1), 9 Program Studi Dokter Spesialis 1, 15 Program Studi Pascasarjana (S2), dan 3 Program Studi Doktor (S3). Pada saat ini Universitas Sriwijaya memiliki mahasiswa lebih dari 23.000 orang yang terdiri dari semua program studi dan jenjang pendidikan.